Sabtu, 15 September 2012

MODEL PEMBELAJARAN


MODEL PEMBELAJARAN

KB & TK Al-Irsyad 02 menggunakan pendekatan BCCT (Beyond Center And Circle Time). Dalam pendekatan ini anak akan dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Pendekatan ini pula akan digali potensi anak dalam 9 kecerdasan majemuk guna mengembangkan dirinya seoptimal mungkin.
Model pembelajaran ini kami menggunakan sentra/Zona, dengan sistem pembelajaran moving class. Dalam sehari kami membuka  enam Zona, antara lain:
1.    Zona Lebah : Mewujudkan muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi khoiru ummah
Kegiatan di zona lebah:
-            Kegiatan sholat berjamaah
-            Kegiatan proses mengenal huruf-huruf hijaiyah dalam Al Quran
-            Kegiatan latihan manasik haji
-            Hafalan doa, hadits, dan suratan pendek
-            Bercerita tentang ketauladanan nabi dan rosul

2.    Zona Unta :  Mengembangkan keaksaraan perkembangan kognitif (berpikir) dan motorik halus
Kegiatan di zona Unta:
-       Permainan matematika
-       Persiapan membaca
-       Persiapan menulis
-       Bermain kartu angka,bilangan, huruf, kata
3.    Zona Manyar : Belajar bereksperimen, bereksplorasi dan menginvestigasi lingkungan sekitarnya, sehingga anak mampu membangun suatu pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada masa dewasa
Kegiatan di zona Manyar:
-       Bermain biji-bijian
-       Menakar air
-       Bermain playdough
-       Ublek
-       Konsep sains

4.      Zona Lumba-Lumba : Memperkenalkan dan melatih motorik kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola/mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat, sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil.
Kegiatan di zona lumba-lumba:
-       Senam
-       Menari
-       Menyanyi
-       Bermain musik
5.    Zona Semut : Mengekspresikan imajinasinya yang bersifat abstrak menjadi sesuatu yang konkret dan mendapat pemahaman konsep penting dalam pemecahan masalah
Kegiatan di zona Semut:
-       Bermain aneka macam balok, lego, puzzle secara bersama-sama
-       Bermain berbagai bentuk dan ukuran balok
-       Bermain dengan berbagai peralatan pertukangan
6.    Zona Kupu-Kupu : Menumbuhkembangkan kreatifitas imajinasi, inisiatif, dan rasa keindahan anak (Creative Habit forming)
Kegiatan di zona Kupu-kupu:
-       Kegiatan meronce
-       Kegiatan membentuk dengan plastisin/tanah liat
-       Kegiatan menciptakan bentuk dengan berbagai media
-       Sandiwara boneka
-       Bermain peran
-       Bermain profesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar